Macam-macam Istilah dan Definisi Bekam

Bekam
Berbagai macam istilah dan definisi bekam yang sering dipahami di kalangan masyarakat awam dan pandai. Definisi Bekam secara sangat sederhana adalah sebuah terapi pengobatan yang yang menggunakan alat menarik kulit/ otot yang sudah ada sejak zaman kuno dan terapi ini sudah berkembang ke seluruh dunia. Sehingga bekam mempunyai banyak istilah di beberapa belahan dunia. Namun istilah bekam yang dimaksud bukan bekam dalam kosakata bahasa Jerman yang mempunyai arti mempunyai dsb tetapi istilah bekam yang dimaksud adalah bekam didalam dunia pengobatan alami.

Istilah atau sebutan bekam:

- Baguan, baguar, bentusa dan mambakan (Melayu)
- Badhakesh dan Pa Hou Kuan  (Swahili)
- Banki / bahnkes (Magyar)
- Kavaa dan Singhi (Suomi)
- Cupping, Fire Bottle, buhang, kyukaku, hijama, dan mihceme (Inggris)
- Hijamah  (Arab)
- Canduk, cantuk/ Canthuk dan kop ( Jawa / Indonesia)
Sedangkan bekam menurut bahasa, Bekam adalah pekerjaan menangkupkan atau mengekop.  Jadi sangat keliru jika didalam wikipedia indonesia dikatakan bahwa bekam secara bahasa adalah mengeluarkan darah.

Definisi Bekam

Adapun definisi bekam secara istilah banyak sekali beberapa orang/ pakar pengobatan bekam atau bangsa-bangsa di dunia yang memberikan definisi yang berbeda-beda meskipun intinya tetap sama.

Berikut beberapa definisi bekam:
Definisi Bekam Menurut salah satu Versi Arab
“Bekam adalah mengeluarkan darah dari kulit dengan cara penghisapan yang dilanjut dengan penyayatan ringan pada kulit luar lalu dilakukan pengekopan/ penghisapan lagi sehingga darah keluar dan dapat menghasilkan kesembuhan penyakit dengan ijin Allah Taala”
Definisi Bekam versi China atau Pengobatan Timur / Western Medicine
“Bekam merupakan bentuk terapi pengobatan alternatif China Kuno yang mana praktek terapi tersebut dengan cara melakukan penghisapan lokal pada daerah kulit dengan menggunakan panas api atau alat mekanis dalam rangka menggerakan aliran darah sehingga tujuan penyembuhan dapat dicapai”
Definisi Bekam menurut salah satu versi Barat
“Bekam adalah suatu metode pengobatan dengan menggunakan tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada kulit agar terjadi bendungan lokal. Hal ini disebabkan oleh tekanan negatif didalam tabung yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukan kedalam tabung agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah tersebut dikeluarkan dari kulit dengan dihisap yang mana tujuan dari semua itu adalah meningkatkan sirkulasi energi / Chi /Qi dan darah / Xie, menimbulkan efek analgesik, mengurangi pembengkakan dan mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab (red: bekam api)”
Bagaimana istilah dan definisi bekam menurut Saudara? Setelah memahami istilah dan definisi bekam maka kita harus tahu juga bagaimana sejarah lengkap tentang pengobatan bekam. Sejarah bekam ini merupakan salah satu bagian dari latar belakang, kenapa pengobatan terapi bekam mempunyai sebutan berbeda-beda.

 

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


1 − = 0

"Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah Al Hijamah (bekam)" HR. Ahmad. "Kesembuhan itu ada pada 3 (tiga) hal, dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan kay (besi panas). Tetapi aku melarang umatku menggunakan kay" HR. Muslim. "Setiap penyakit itu ada obatnya. Jika obat yang tepat jatuh pada penyakit, dengan izin Allah penyakit itu pasti sembuh" HR. Muslim. ”Pada Malam Aku di Isra’ kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata: ” Wahai Muhammad, suruhlah umatmu melakukan Bekam” HR. Ibnu Maajah & At Tirmidzi. “Kalaulah dalam sesuatu dari apa yang kalian pergunakan untuk berobat adalah baik, maka itu adalah ber-bekam/hijamah” HR. Abu Daud.